Kolombia Tim Pertama Lolos ke Perempat Final Copa America 2019

perempat final copa america

topmetro.news – Kolombia menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final Copa America 2019, usai menundukkan Qatar dengan skor tipis 1-0, dalam penyisihan Grup B Copa America 2019 berlangsung, pada Kamis (20/06/2019) pagi WIB di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Brazil.

Duvan Zapata yang bermain untuk tim Atalanta, menjadi pencetak gol semata wayang untuk Kolombia, yang hanya empat menit menjelang waktu normal usai, sekaligus memastikan kemenangan Kolombia dan lolos ke perempat final.

Tim yang diasuh Carlos Queiroz, kini memuncaki klasemen dengan koleksi enam poin penuh, sebagai juara maupun runner-up Grup B. Bagi Timnas Qatar, kekalahan ini tertahan pada urutan ketiga dan berpeluang lolos, jika menjungkalkan Argentina pada laga pamungkas di Arena Gremio, Porto Alegre, pada Senin (24/06/2019) dini hari pekan depan.

Timnas Kolombia menguasai penuh jalannya pertandingan sejak menit pertama, dengan 68 persen pengendalian bola. Meski Qatar beberapa kali berusaha menerobos pertahanan mereka. Babak pertama pertandingan berlangsung membosankan, dengan hampir tak ada tembakan tepat sasaran dari kedua tim.

VAR Anulir Tendangan Penalti

Wasit Alexis Herrera sempat menunjuk titik putih, karena menganggap pemain Qatar handball di dalam kotak penalti. Namun usai meninjau tayangan ulang VAR ia menganulir keputusannya. Kolombia baru bisa benar-benar mengancam gawang Qatar, pada menit ke-65 lewat tembakan Roger Martinez, yang menyasar sudut kanan atas gawang dari sudut sempit. Namun, bola berhasil ditepis kiper Saad Al Sheeb dan hanya berbuah sepak pojok.

Tekanan terus dilancarkan oleh James Rodriguez dkk, hingga akhirnya berhasil melepaskan umpan silang yang disambut dengan sundulan ringan Zapata, tepat di muka gawang pada menit ke-86. Kolombia memecah kebuntuan untuk membuka keunggulan 1-0 atas Qatar.

Qatar berusaha mencetak gol balasan tepat pada menit ke-90. Namun peluang Abdelkarim Hassan, setelah menerima umpan sodoran dari Akram Afif di tepian kotak penalti, hanya berakhir menjadi tendangan melenceng.

Pada menit keempat masa injury time, Zapata berpeluang memperbesar kemenangan Kolombia, saat ia mengakhiri sebuah serangan balik dan berhadapan langsung dengan Al Sheeb. Namun, penyelesaiannya malah melebar. Zapata tentu tak akan begitu menyesali kegagalan ini, karena Kolombia tetap berhasil menutup laga dengan 1-0. Dalam laga pamungkas Grup B menghadapi Paraguay, pada Senin 24 Juni 2019 mendatang di Arena Fonte Nova, Salvador. (TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment